Translate

Wednesday 15 March 2017

OPINI

Pentingkah sekolah inklusi?

Novita Dwi Wahyuni / Matematika’15


Saat ini sekolah inklusi sudah banyak tersebar diseluruh indonesia, namun banyak masyarakat yang belum mengenal sekolah inklusi yang sebenarnya. Tak jarang banyak orang tua yang enggan menyekolahkan anaknya di sekolah inklusi, dikarenakan masyarakat berfikir bahwa sekolah inklusi adalah sekolah untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Padahal sekolah inklusi adalah sekolah untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus dan juga untuk anak-anak normal yang tidak memelukan perlakuan khusus, sekolah inklusi memiliki banyak manfaat yaitu para murud dapat saling membaur, mengetahui serta menerima kekurangan satu sama lain. Sekolah inklusi juga memiliki Tujuan yang sama dengan sekolah umum lainnya, Akan tetapi cara penerapannya agak berbeda.

Namun, kondisi ini belum sepenuhnya disadari oleh para orangtua tentang pendidikan anak yang memerlukan kebutuhan khusus. Justru terkadang orangtua lebih cenderung tidak menganggap penting pendidikan bagi mereka. Bahkan terkadang orangtua malu untuk menyekolahkan anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus disekolah inklusi karena anak-anak mereka akan bergabung dengan anak-anak normal. Padahal disekolah inklusi guru akan mengajarkan bagaimana anak-anak akan berbaur dengan teman-temannya yang membutuhkan perlakuan khusus untuk dapat saling menerima kekurangan satu sama lainnya.

Pendidikan anak adalah tanggung jawab orangtua. Pendidikan tidak hanya didapatkan anak disekolah saja, tetapi di lingkungan keluarga sangatlah dibutuhkan. Lingkungan yang paling baik untuk anak sebernanya adalah lingkungan keluarga, terutama anak-anak berkebutuhan khusus. Peran orangtua sangat dibutuhkan disini karena orangtua akan lebih sabar mengajarkan anak-anaknya dalam mengenal hal-hal yang baru.

Semoga pendidikan inklusi diindonesia dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh pemerintah. Orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus hendaknya berperan aktif dalam mensosialisasikan kepada orangtua lainnya, agar semua anak diindonesia terutama yang memiliki berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang seharusnya. Serta sekolalah seharusnya mempunyai sarana dan prasarana yang memadai atau benar-benar lengkap untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar disekolah.

No comments:

Ads Inside Post