Translate

Wednesday 28 March 2018

RESENSI BUKU


Kapten Bhukal “The Battle of Alas Tua

 
 
Judul : Kapten Bhukal “The Battle of Alas Tua
Penulis : Arul Chandrana
Penerbit : Metamind (Tiga Serangkai)
Tahun Terbit : agustus 2016
Kota Terbit : solo
Tebal : 381 halaman

Novel ini bercerita tentang seekor simpanse (Kapten Bhukal) yang terdampar diantara kawanan monyet hutan bawean. Di tempat asing itu Bhukal dianggap aneh dan berbahaya. Bhukal tidak bisa pergi ketempat lain, dia membutuhkan kawanan untuk bertahan hidup di alam liar.
Tidak ada yang curiga bahwa kedatangan Kapren Bhukal akan menjadi awal dari anugerah dan bencana. Anugerah karena ia akan memimpin para hewan mempertahankan wilayahnya dari keserakahan prrrara petani yang suka merusak hutan, bencana karena usaha tersebut akan menjadi perang terbuka antara hewan dan manusia, perang yang belum pernah terjadi sebelumnya. Akan tetapi, itu bukan bencana yang sesungguhnya, karena sebenarnya Kapten Bhukal memiliki rahasia dari masa lalu yang mati-matia ia semunyikan.
Di lain pihak, hutan Bawean sedang terancam kelestariannya. Para petani yang serakah sedang gencar membuka lahan, wilayah hutan semakin berkurang, berubah menjadi lahan pertanian. Satwa Bawean semakin terdesak, kehilangan tempat tinggal dan kekurangan makanan. Mereka hanya bisa menyingkir dan tewas saat menerobos masuk keladang. Dengan senjata tajam dan anjing pemburu, para petani berencana untuk memusnahkan semua satwa Bawean.
Ketika saat-saat genting itulah, satu persatu kematian menjemput para satwa, Kapten Bhukal turun tangan memimpin semua hewan untuk melakukan perlawanan. Tidak hanya kawanan monyet saja tetapi seluruh satwa penghuni hutan.
                Namun, buku ini memiliki kekurangan. Bahasa yang kadang sulit dipahami membuat pembaca harus berfikir lebih keras untuk bisa memahami maksud dari tulisan tersebut.
Dibalik kekurangannya, novel ini sangat baik untuk dibaca. Tidak sekedar menghadirkan cerita, novel ini mengajak kita untuk lebih mengerti dan peduli terhadap satwa, alam, dan keanekaragaman. Banyak pengetahuan baru yang didapatkan ketika membaca novel ini. 

Novita Dwi Wahyuni / P. Matematika ' 15

No comments:

Ads Inside Post