Translate

Wednesday 15 March 2017

ARTIKEL

Lebih Baik Vapor Si Rokok Elektrik Atau Rokok Konvensional

Ririn Nur Ika / Matematika'15

Vapor atau yang dikenal sebagai rokok elektrik kini merupakan sebuah pilihan sebagai pengganti rokok oleh sebagian perokok. Bahkan vapor telah menjadi sebuah gaya hidup baru bagi pencinta lifestyle di berbagai kota besar di Indonesia bahkan dunia. Berbeda dengan rokok konvesional yang melalui proses pembakaran tembakau dengan menyulut api, sesuai namanya rokok elektrik atau vapor merupakan suatu perangkat yang menggunakan tenaga baterai. Banyak orang yang mengatakan bahwa vapormerupakan sebuah alternatif dari produk tembakau sebagai pengganti rokok konvensionalyang tetapmemberikan efek sama seperti merokok konvensional.vapor memberikan rasa dan sensasi fisik yang hampir sama dengan asap tembakau hirup. Tetapi di dalam proses di perusahaan tidak melibatkan tembakau, asap atau pembakaran. Pada dasarnya vapor adalah hasil penguapan dari cairan yang diteteskan ke kapas yang telah dipanaskan oleh listrik.Berbeda dengan rokok konvensional yang hanya berbentuk tabung memanjang, bentuk rokok elektrik terdiri dari bentuk pen, portable dan dekstop.

Akhir-akhir ini banyak simpang siur terjadi diantara para perokok dan masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Banyak yang menilai rokok elektrik lebih sehat untuk tubuh atau mengatakan bahwa lebih berbahaya untuk tubuh dibanding rokok konvensional, tetapi hal tersebut belum terjamin kebenarannya karena belum ada penelitian yang menyatakan kebaikan maupun keburukan rokok elektrik sampai sekarang. Tetapi para pengguna vapor atau rokok elektrik tetap harus wapada. Rokok ini sudah diteliti Asosiasi paru-paru di Amerika yang hasilnya belum dinyatakan 100% aman. Sebab masih bisa berpotensi menyebabkan penyakit kanker, asama, radang paru-paru dan penyakit jantung sebagai akibat dari zat kimia yang dikandungnya. Oleh sebab itu, WHO dan BPOM masih menunggu penelitian lanjutan untuk menyatakan keamanan penggunaan rokok elektrik jangka panjang.

Di dalam tabung vapor terdapat liquid atau cairan yang dipanaskan yang akan berubah menjadi asap atau uap. Cairan dari vapor ini merupakan campuran dari PG + VG + beberapa perasa yang bahannya tak beda dengan perasa kue.Terdapat aneka liquid jadi yang bisa langsung digunakan baik buatan lokal ataupun import. Dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tiap jenis liquid ini mempunyai rasa yang khas dan berbeda tergantung dari peracik dan bahannya. Rasa dari liquid umumnya dapat dibagi menjadi 3, yaitu rasa buah yang seperti buah-buahan, rasa cream seperti kopi, tiramisu, cake dan rasa tembakau. Dari 3 jenis tersebut bisa didapat ratusan variasi rasa. Pembuatan liquid ini tidak serta merta tinggal campur dan langsung jadi. Karena dibutuhkan waktu dan kesabaran dalam meramunya, Setelah melakukan mixing, untuk mendapatkan hasil optimal dilakukan proses mengendapkan dan mengeluarkan oksigen dari liquid, dan menyimpan liquid di tempat yg gelap, terhindar dari cahaya selama beberapa minggu agar didapat rasa yang sempurna.
Dari bahan-bahan yang berbeda, diperoleh juga hasil yang berbeda. 

Sehingga dapat terlihat perbedaan vapor dengan rokok konvensioanal antara lain:

11.  Hasil Akhir.Hasil yang dikeluarkan dari sesorang yang menghisap vapor adalah uap sedangkan untuk rokok adalah asap.
22.Warna. Uap yang dikeluarkan oleh vapor berwarna putih bersih dan untuk rokok konvensional berwarna putih kecoklatan.
33.   Ketebalan. Vapor mengeluarkan uap yang sangat tebal sedangkan rokok hanya sedikit asap.
44.  Bau atau rasa. Rokok mengeluarkan bau yang menyengat dari hasil pembakaran tembakau sedangkan vapor mengelurkan bau yang berbeda-beda tergantung dari liquid yang dipakai rasa buah-buhan atau creami.
55. Kandungan Tar. Vapor tidak mengandung tar yang meninggalkan bekas kuning di pakaian atau gigi, kalau rokok konvensional akan menyebabkan gigi menjadi kuning.
66. Dampak lingkungan Selain asap, rokok juga meninggalkan sampah berupa abu, bungkus rokok dan untuk rokok filter akan meninggalkan gabus yang terdapat pada bagian pangkalnya. Untuk vapor ini akan meninggalkan uap dan apabila terjadi kerusakan pada alat vapor serta tidak bisa di perbaiki akan mencemari lingkungan.
8   7. Dampak buruk terhadap pengguna Rokok konvensional kadang-kadang dapat memercikkan tembakau yang sedang terbakar sehingga dapat menyebabkan baju bolong atau luka kecil, untuk vapor tidak menimbulkan seperti itu tetapi ketika anda memakai alat vapor yang kualitasnya tidak terjamin dapat menimbulkan ledakan yang dampaknya begitu buruk.
88. Segi Harga Dari segi harga vapor di klaim lebih murah dari rokok konvensional, tetapi untuk modal awalnya harus menggeluarkan uang yang lumayan. Dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Setelah mempunyai alatnya anda cukup mengeluarkan uang untuk biaya perawatan dan membeli Liquid sekitar 100.000 rupiah. Untuk rokok konvensional anda hanya perlu investasi awal berupa korek api dengan harga 2000 rupiah setlah itu anda tinggal membeli rokoknya dengan harga 10.000 sampai 20.000 perbungkus.
99.  Peraturan pemerintah Rokok mempunyai peraturan khusus yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 109 tahun 2012 sedangkan untuk vapor masih abu-abu, belum ada undang-undang yang mengaturnya di indonesia.
110.  Dari beberapa perokok yang berusaha untuk berhenti, mereka yang menggunakan rokok elektrik merasa lebih dapat menahan keinginan mereka daripada yang tidak menggunakan vapor.Dapat menahan rasa ingin merokok bagi mantan perokok dan mengurangi efek kecanduan pada perokok.
Penulis hanya menjabarkan beberapa diantara banyak perbedaan rokok elektrik dan rokok konvensional.Walaupun vapor terlihat baik,namun lebih baik lagi tidak menggunakan vapor maupun rokok konvensional.

No comments:

Ads Inside Post