Translate

Friday 14 September 2018

ARTIKEL / OPINI



Pro-Kontra Aplikasi Tik Tok
Fitriana Andriyani / P. Akuntansi ‘16

Zaman modern saat ini, di kalangan remaja dan anak-anak sedang populer dengan aplikasi Tik Tok. Mungkin sebagian orang belum tahu, apa itu Tik Tok? Tik Tok adalah aplikasi pembuat video pendek yang didukung oleh fitur-fitur yang canggih, unik dan lucu, sehingga siapa saja dapat melihat video-video yang telah ada dan dapat menirukannya jika sudah menginstal aplikasi tersebut.
Aplikasi Tik Tok banyak pro dan kontra di berbagai kalangan masyarakat, oleh karena itu beberapa orang tua mulai berhati-hati / waspada dan lebih membatasi anak-anaknya untuk bermain aplikasi Tik Tok. Seiring dengan perkembangannya, Tik Tok tidak lagi membawa dampak positif dan tidak mendidik terutama untuk anak-anak. Karena, bisa saja video atau fiturnya yang telah ada tidak sesuai atau bertentangan dengan umur mereka. Kecenderungan remaja dan anak-anak saat ini untuk membuat video-video yang tidak wajar atau diluar konteks umur  mulai mengalami peningkatan. Dalam hal ini menarik simpati pemerintah,  Kominfo berupaya melakukan pemblokiran terhadap aplikasi tik tok dianggap kurang baik digunakan karena banyak mengandung konten negatif didalamnya. Sebelum melakukan pemblokiran Kominfo juga berkoordinasi dengan KPAI dan menerima beberapa masukan dari elemen masyarakat terkait pemblokiran ini. Langkah tegas yang dilakukan pemerintah saat ini sangat baik mengingat dampak buruk yang terjadi apabila di gunakan secara terus menerus.
Aplikasi Tik Tok selain membawa dampak buruk ada juga dampak positif apabila penggunaannya dilakukan dengan benar, misal aplikasinya digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat atau setidaknya tidak merugikan banyak pihak. Penggunaan aplikasi itu tergantung dari kita bagaimana penempatannya, kalau untuk hiburan sah-sah saja asal tidak melanggar norma atau menimbulkan dampak buruk

No comments:

Ads Inside Post